Hujan Meteor Jatuh di Purwakarta? Ini adalah Fakta

HUJANBATU.COM – Hujan Meteor Jatuh di Purwakarta? Sebuah video yang menunjukkan area perumahan yang rusak parah oleh batu raksasa menjadi viral di media sosial. Orang-orang dalam video itu bergegas keluar rumah. Batu-batu raksasa terlihat berserakan dimana-mana. Selain merusak rumah, batu juga merusak akses jalan.
Momen hujan batu raksasa tersebut diunggah oleh salah satu channel di situs berbagi video YouTube, “pian channel” pada Kamis, 10 Oktober 2019. Pada kotak deskripsi, channel tersebut menuliskan informasi sebagai berikut:
Selamat, Menginspirasi, Bingung, SediH.

“INALILLAHI WAINAILAIHI RADZIUN..MOHHHHHHHHHHHHHHHHRHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHRHHHHHHHHHHHRHHHHHHRKKHHHHHHHHHHHHHHHHH saja BEBERAPA MENIT LEBIH BESAR .. HUJAN BATU SEPERTI RUMAH DI PURWAKARTA BEBERAPA MENIT LALU , SEPERTI LUMPUR METEOR DI BUMI KE BUMI .. MASIH BANYAK KORBAN YANG TIMBUL…AMIN”

Pencarian Fakta

Setelah ditelusuri, hujan batu memang terjadi. Namun, bebatuan yang menghujani rumah warga tersebut merupakan hasil dari peledakan atau blasting yang dilakukan oleh perusahaan tambang PT MANDIRI SEJAHTERA SENTRA (MSS).

Menurut hujan batu.com, peristiwa itu terjadi pada siang hari di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, 8 Oktober 2019. Ledakan dinamit seberat 200 ton itu menghancurkan tujuh rumah warga dan sebuah sekolah rusak berat.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya akan segera mengirimkan surat kepada Pemprov Jabar terkait izin pertambangan yang berada di bawah pengawasan langsung Pemprov.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

“Kalau terbukti ada kelalaian, kami minta izin pertambangan perusahaan dicabut. Karena ini sangat merugikan masyarakat kami,” kata Anne, Rabu, 9 Oktober 2019.
Tak hanya itu, Anne menegaskan dirinya akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengusut kegiatan penambangan. Apalagi jika penambangan dilakukan dengan bahan peledak.
“Jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi. Saya turut prihatin dengan masyarakat yang dirugikan. PT MSS harus bertanggung jawab,” ujarnya.
Anne juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar tambang untuk waspada dan berhati-hati.
Sementara itu, perusahaan yang membidangi pertambangan mengaku bertanggung jawab atas insiden ledakan tersebut. PT MSS selaku operator siap memberikan kompensasi.
“Kami bertanggung jawab dan siap memberikan ganti rugi dan akan memperbaiki seluruh rumah rusak yang terkena bencana,” ujar Syarief, perwakilan PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS).Hujan Meteor Jatuh di Purwakarta? Ini adalah Fakta
Kesimpulan:

Hujan batu di Purwakarta benar adanya. Namun, batu yang jatuh hingga merusak perumahan warga tersebut berasal dari atas tebing akibat peledakan dilakukan perusahaan tambang, bukan pecahan meteor yang jatuh dari langit.

Leave a Comment