Mengatasi Masalah Haid Dengan Ramuan Tradisional

HUJANBATU.COM – Mengatasi Masalah Haid Bukan rahasia lagi bahwa haid sering menjadi masalah bagi wanita. Kehadiran dan ketidakhadiran tamu bulanan bagi wanita ini menciptakan perasaan yang sama tidak nyamannya. Banyak wanita menganggap masalah menstruasi sebagai hal yang normal. Khusus bagi pekerja wanita di perkotaan, gangguan menstruasi dianggap biasa, seperti flu dan pilek. Padahal, ada banyak tanaman dan bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah menstruasi tersebut. Berikut dibawah ini tentang mengatasi masalah haid dengan ramuan tradisional.

Mengatasi masalah haid dengan ramuan tradisional

Sebelum tamu bulanan datang, sebagian besar wanita mengalami perubahan emosi, seperti mudah sedih, mudah marah, cepat lelah, dan tidak bersemangat.
Dalam keadaan normal, menstruasi datang sebulan sekali. Namun, jika Anda mengalami gangguan hormonal, menstruasi Anda bisa terlambat hingga enam bulan. Belum lagi rasa sakit yang menyertai, atau pendarahan yang tak kunjung berhenti. Semua ini bisa terjadi karena stres, kurang olahraga, dan asupan nutrisi yang tidak seimbang.
Saat ini sudah banyak produk obat herbal yang beredar di pasaran untuk mengatasi masalah menstruasi. Namun selain itu, kita juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan tanaman di pekarangan, serta bumbu-bumbu yang ada di dapur. Biasanya yang digunakan adalah tanaman yang memiliki sifat mendinginkan.
sampel rumput yang mempunyai watak mengademkan yakni rumput teki yang mempunyai julukan rasional Cyperus rotundus. Bagian dari rumput pinang yang digunakan untuk obat haid adalah bagian umbinya. Sebab, umbinya mengandung alkaloid, flavonoid, cineol, pinene, cyperone, rotunal, cyprenon, dan cyperol. Rimpang rumput teka-teki telah terbukti membantu meringankan ketidakteraturan siklus menstruasi dan meredakan gejala perubahan emosi menjelang menstruasi.
Rimpang teka-teki telah banyak digunakan oleh pengobatan tradisional Cina dan India untuk mengobati masalah kewanitaan.
Selain alang-alang, bumbu dapur juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah haid. Diantaranya, adas, ketumbar, dan cengkeh. Anda juga bisa menggunakan bayam, bawang merah, jeruk nipis, blustru, beluntas, dan kedelai. Khusus untuk kedelai, jenis makanan ini paling baik dikonsumsi sebagai tempe. Sebab, selain sebagai sumber multivitamin, tempe juga kaya akan senyawa steroid.
Dibandingkan dengan obat kimia sintetik atau jamu, keamanan rempah-rempah dan sayuran tersebut di atas sudah jelas dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Apalagi sayuran ini selain digunakan sebagai bahan makanan yang biasa disantap sehari-hari, juga bisa berfungsi sebagai obat herbal.hujanbatu.com

mengatasi masalah haid

Resep 1

Rebus 5-10 gram bubuk rimpang teki (bisa dibuat dengan mengeringkan rimpang teki) .kemudian diblender atau ditumbuk sampai halus) dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Dinginkan, lalu saring. Minum air rebusan ini dua kali sehari (pagi dan sore).
Catatan : seperti halnya obat-obatan lain, Anda harus berhati-hati saat meminum air rebusan rimpang. Jika ada yang tidak beres, sebaiknya berhenti sejenak dan segera periksa ke dokter.

Resep 2

pon adas, ketumbar dan cengkeh masing-masing sejumput. Rebus dengan air. Dinginkan, dan saring. seterusnya, minum air rebusan itu 2-3 kali satu hari.
Catatan : penggunaan adas dalam jumlah banyak, terkadang bisa mengakibatkan sering buang air kecil dan sendawa. ;-D

Resep 3

Cuci 1 blustru ukuran sedang, lalu parut. Tambahkan setengah cangkir air masak dan sejumput garam (seujung sendok teh). Uleni hingga halus. Setelah tercampur rata, peras dan saring. Minum jus tersebut 3 kali sehari.

Resep 4

Cuci dua genggam daun beluntas, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1,5 gelas air masak dan sedikit garam. Peras dan saring. Minum jusnya 3 kali sehari @ 1/2 gelas.

Resep 5

Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu. Seduh dengan 1,5 gelas air panas. Aduk rata. Minum 3 kali sehari, @ 1/3 dari itu.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Mengatasi Masalah Haid Dengan Ramuan Tradisional“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment